Visi, Misi, Tujuan

Visi

Menjadi pusat pengkajian kebudayaan yang unggul berbasis karakter benua maritim pada tahun 2030

Mission

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang kajian budaya berupa budaya tradisi dan kontemporer.
  2. Mengkaji khasanah kebudayaan yang didasari pengembangan konsep, teori, dan implementasi praktis.
  3. Meningkatkan sinergitas dan kolaborasi dengan pihak luar (stakeholder) secara berkesinambungan.

Tujuan

  1. Menghasilkan luaran yang berwawasan luas, professional, dan handal dalam mengelola potensi kebudayaan untuk pembangunan manusia dan bangsa.
  2. Menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang pengkajian kebudayaan serta mampu mengembangkan dan mengaplikasikan teori dan metode.
  3. Menghasilkan lulusan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif sehingga mampu menelaah dan menangani permasalahan kebudayaan bangsa.
  4. Menghasilkan luaran yang memiliki kesadaran multikultural, daya saing tinggi, serta mampu melakukan kerjasama riset dan pendidikan dengan lembaga lain pada level nasional dan internasional.

Sasaran

  1. Lulusan Magister Kajian Budaya dapat bersaing dalam dunia kerja dan terlibat langsung dalam mengatasi masalah-masalah strategis nasional terutama di bidang kebudayaan dengan pendekatan kajian budaya.
  2. Lulusan Magister Kajian direncanakan dapat bekerja di Instansi Pemerintah dan Swasta sebesar 50%, di Perguruan Tinggi sebesar 20%, serta pada bidang ekonomi kreatif dan komunitas kebudayaan sebesar 30%.
  3. Pada tahun 2023, Program Studi Magister (S2) Kajian Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin dapat terakreditasi Unggul (A).